MINYAK BUMI

Minyak Bumi

24 04 2010

Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat menjelaskan proses pembentukan minyak bumi dan  teknik pemisahan  fraksi-fraksi  minyak  bumi  serta  kegunaannya.

Materi Kimia Kelas X Semester 2, Oleh Gianto, S.Pd

A. Pembentukan dan Komposisi Minyak Bumi

Istilah minyak bumi diterjemahkan dari bahasa latin (petroleum), artinya petrol (batuan) dan oleum (minyak). Nama  petroleum diberikan kepada fosil hewan  dan tumbuhan yang ditemukan dalam kulit bumiberupa gas alam, batubara, dan minyak bumi.

Pembentukan dan Eksplorasi

Minyak bumi terbentuk dari fosil-fosil hewan dan tumbuhan  kecil yang hidup di laut dan tertimbun selama berjuta-juta tahun lampau. Ketika hewan  dan  tumbuhan  laut  mati,  jasad  mereka  tertimbun  oleh  pasir  dan lumpur di dasar laut. Setelah  ribuan  tahun  tertimbun, akibat  pengaruh tekanan dan suhu  bumi  yang  tinggi,  lapisan-lapisan  lumpur  dan pasir berubah  menjadi  batuan.  Akibat  tekanan  dan  panas  bumi,  fosil  hewan dan  tumbuhan  yang  terjebak  di lapisan  batuan  secara  perlahan  berubah menjadi minyak mentah dan gas alam. Kedua bahan tersebut terperangkap di  antara  lapisan-lapisan  batuan  dan  tidak  dapat  keluar.

Untuk  mengetahui sumber minyak bumi  diperlukan pengetahuan geologi  dan  pengalaman. Pekerjaan  ini merupakan tugas dan tanggung jawab  para  insinyur pertambangan dan geologi.

Tahap pertama eksplorasi minyak bumi adalah mencari petunjuk dipermukaan bumi seperti adanya lipatan-lipatan batuan.  Lipatan-lipatan itu akibat tekanan gas dan minyak bumi yang merembes ke dalam batuan berpori sehingga  minyak  bumi dapat  naik  ke  permukaan,  tetapi  tidak mencapai  permukaan bumi  karena  tertahan  oleh  lapisann batuan  lain.

Materi selengkapnya >>download

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s